Minggu, 04 Maret 2012

Pakaian Adat Tradisional Bengkulu

Pakaian Adat Tradisional Bengkulu - Mengenal nama pakaian adat Bengkulu. Bengkulu salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya di Sumatera ini memiliki banyak potensi wisata menarik. Dalam kesempatakn kali ini blog info Indonesia akan mengenalkan Budaya Bengkulu yaitu tentang busana adat tradisional. Pada saat ini baju adat Bengkulu yang sangat populer yaitu gaya Melayu Bengkulu. Gaya dalam memakai pakaian masyarakat Bengkulu ini dikenakan pada saat menghadiri acara acara pesta adat yang penting dan menjadi bagian dari budaya bengkulu.

Untuk lebih mengenali Pakaian Adat Indonesia lebih lengkap dari blog ini, yuk kita cari tahu pakaian adat tradisional daerah Bengkulu. Kalau Anda kebetulan berlibur ke provinsi Bengkulu, Anda juga bisa melihat lebih dekat lagi mengenai kebudayaan Bengkulu melalui busana adatnya seperti info yang ada di sini dan menjadi kumpulan informasi Budaya Indonesia dan Pakaian Tradisional Indonesia, disamping itu juga banyak sekali tempat wisata Bengkulu yang menarik. Banyak wisata andalan dari daearh Bengkulu menarik wisatawan untuk berlibur ke provinsi ini.

Gambar Pakaian Adat Tradisional Daerah Bengkulu

Baju Adat Tradisional Bengkulu


Pakaian Adat Tradisional Bengkulu

Busana Adat Daerah Bengkulu



Pakaian adat  pria Bengkulu
Kelengkapan pakaian adat untuk kaum pria di Bengkulu terdiri dari jas, memakai sarung, celana panjang, alas kaki yang juga dilengkapi dengan memakai tutup kepala serta sebuah keris. Jas yang di pakai tersebut terbuat dari bahan kain yang bermutu seperti wol atau bisa juga bahan sejenisnya dan umumya warnanya gelap seperti warna hitam dan warna biru tua. Sementara untuk bawahannya berupa celana yang terbuat dari bahan serta dengan pilihan warna yang sama.

Sedangkan sebagai pelengkap busana adat pria Bengkulu untuk bagian kepala dipakai detar yang terbuat dari kain songket emas atau bisa juga dari kain songket perak, kemudian memakai alas kaki beludru yang bercorak keemasan, juga memakai sebilah keris serta gelang emas yang di kenakan di tangan kanan.

Pakaian adat wanita Bengkulu
Untuk baju adat kaum wanita Melayu di provinsi Bengkulu memakai baju kurung yang berlengan panjang, serta bertabur motif corak-corak dan bersulam emas yang berbentuk lempengan bulat yang kalau di lihat seperti uang logam. Bahan baju kurung wanita Bengkulu biasanya dari beludru dengan pilihan warna-warna merah tua, warna biru tua, warna lembayung atau warna hitam. Ada pelengkap tambahan untuk pakaian adat wanita Bengkulu yaitu sarung songket benang emas atau perak dengan pilihan warna yang serasi dan terbuat dari sutra.

Kemudian sehelai kampuh yang terbuat dari bahan satin sutra bersulamkan emas, cara memakaian dengan diselempang pada bagian dada kearah belakang punggung dan membentuk menyerupai huruf V. Pada bagian dada atas kampuh bergantungan tampak sangat glamor dan berlapis-lapis dalam jumlah sangat banyak. Untuk pergelangan tangan serta pada jari jemari dilingkari dengan cincin permata, sementara pada alas kaki menggunakan selop yang bersulam emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar